AGENDA KEGIATAN

  APRIL 2021  
M S S R K J S
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930
- Klik pada tanggal yang terdapat event

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari ini 102
Minggu ini 229
Bulan ini 1558
Total Pengunjung 10300
Pengunjung Online 1

BANTUAN ONLINE

Aan Kunaifi, A.Md.
Indah Yuniati, A.Md.Kom
Nur Fitri Sidiq Alaziz, S.Pd

OFFICIAL TWITTER

Palembang - Senin, 28 Desember 2020

Pemprov Sumsel Tunda Belajar Tatap Muka Semester Genap 2021

Dibaca : 267 Pengunjung

Penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang sebelumnya direncanakan akan dimulai pada semester genap 2021 mendatang, ditunda hingga batas waktu yang belum ditentuntukan.

Penundaan tersebut mangacu pada hasil rapat terbatas antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Dinas Pendidikan Kota Palembang bersama Tim Gugus Tugas Kesehatan. Yang digelar di Gedung Pertemuan Didsik Sumsel, Jl Kapten A Rivai, Palembang. Senin (28/12/2020).

Dalam kesempatan ini, Gubernur Sumsel, H Herman Deru melalui Plt asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sumsel, H Akhmad Najib SH MHum, mengatakan bahwa keputusan tersebut berdasarkan rekomendasi tim ahli epidemiologi Sumsel, mengingat masih tingginya tinggkat persebaran wabah COVID-19 di Sumsel.

“Tidak ada tawar-menawar, kita memprioritaskan keselamatan dan kesehatan peserta didik sekaligus tenaga pengajarnya. Untuk itu tidak bisa gegabah ambil keputusan. Rekomendasi tim ahli epidemiologi itu landasan kita,” kata Akhmad Najib usai pimpin rapat terbatas.

Sambung, Najib. Pihaknya mengharapkan untuk adanya pembahasan yang seksama dengan memperhitungkan berbagai aspek penunjang berlangsungnya PTM.

“Mudah-mudahan nanti kondisi memungkinkan untuk dilangsungkan PTM, kita sudah siap. Maka itu harus ada standarisasinya,” cetus Najib.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel (Kadisdik Sumsel) H Riza Fahlevi, mengatakan. Penundaan tersebut sementara akan diberlakukan pada sekolah yang berada di wilayah Kota Palembang. Dan untuk wilayah diluar Palembang, disesuaikan dengan data persebaran secara reliebel.

“beberapa masukan yang kami dapat dari KPAI pusat dan pusat kajian kebijakan pendidikan (Pusjais Sumsel), yang intinya jangan terburu-buru. Meskipun keputusan empat meneteri memberikan kewenangan kepada daerah,” beber Riza.

dijelaskannya, selama semester Ganjil berlangsung. Pihaknya telah melakukan pembahasan terkait persiapan PTM di semester Genap mendatang. Dengan membentuk tim Gugus Tugas Kesehatan Pendidikan. Baik ditingkat SMA, SMK, dan SD-SMP se Sumsel.

“Tim gugus tugas disatuan pendidikan, Pada semester ganjil sudah kita bentuk itu. Nah mereka itu mempunyai tanggung jawab seperti memastikan sarana prokes berfungsi dengan baik, sanitasi harus lengkap, wc harus bersih, untuk awasi pihak sekolah dalam memperhatikan siswa secara detail apakah ada komorbid atau tidak,” ungkap Riza.

Lanjut, jalas Riza. Adapun kedepan bila Pembelajaran Tatap Muka dimulai. Pembelajaran dilakukan secara pararel menerapkan daring dan luring disaat yang bersamaan.

“Secara teknis sudah kita atur. Dibagi 2 shift dalam sehari dengan durasi maksimal 3 jam. Dari 3 jam tersebut masing – masing mata pelajaran diberikan 30 menit. Untuk meminimalisir tingkat stres peserta didik,” imbuhnya.

Kendati demikian, seyogyanya dalam situasi pandemi ini Dinas Pendidikan Sumsel tidak mewajibkan orang tua untuk menyetujui anaknya melangsungkan sekolah tatap muka. Maka untuk itu diyakinkan nya, pembelajaran daring dalam satuan pendidikan Sumsel masih efektif.

“Semester depan tetap seperti semula, melalui PJJ (Daring). PTM kan cepat atau lambat suatu saat akan dilakukan, demi keselamatan kita bersama,” tukasnya.

Menyikapi penundaan berlangsungnya PTM, Kepala SMA 1 Palembang, H Moses Ahmad mengatakan. SMA 1 sebagai salah satu sekolah yang menyatakan siap melakukan TPM semester genap mendatang. Memandang optimis kedepan kondisi akan segera membaik, dan menghormati hasil rapat tersebut.

“Kita sosialisaikan kepada walimurid atas hasil rapat ini. Kita yakinkan lagi 90 persen SMA 1 siap melangsungkan PTM semester depan,” pungkasnya. (Bim)

 

Sumber = https://sumeks.co/pemprov-sumsel-tunda-belajar-tatap-muka-semester-genap-2021/

Dibaca : 267 Pengunjung

Berita Lainnya

Apycom jQuery Menus